Menentukan Fokus Penelitian

01/02/2012

Dalam penelitian kualitatif gejala itu bersifat holistik atau menyeluruh dan tidak dapat dipisahkan. makna yang terkandung didalamnya adalah kita tidak akan menetapkan penelitian kita hanya berdasarkan pada variabel penelitian, tetapi keseluruhan situasi sosial yang akan kita teliti yang meliputi aspek tempat, pelaku, dan aktifitas yang berinteraksi secara sinergis.

fokus penelitian mempunyai makna batasan penelitian, karena dalam lapangan penelitian banyak gejala yang meyangkut tempat, pelaku, dan aktifitas, namun tidak semua tempat, pelaku dan aktifitas kita teliti semua. untuk menentukan pilihan penelitian maka harus membuat batasan yang dinamakan fokus penelitian

Pohan (2007:14) mengatakan bahwa membatasi penelitian merupakan upaya pembatasan dimensi masalah atau gejala agar jelas ruang lingkupnya dan batasan yang akan di teliti. dalam hasil hal ini kita mengusahakan melakukan penyempitan dan penyederhanaan terhadap sarana riset yang terlaluluas dan rumit. dan tidak berharap berada di hutan belantara karena kan memboroskan tenaga dan biaya.

sebagai ilustrasi jika fokus penelitian yaitu ketika kita ditengah hutan belantara kita sebagai peneliti dan tidak mungkin kita meneliti semua isi hutan, mulai dari hewan, tumbuhan dan apa yang ada dihutan. berapa waktu yang kita butuhkan?berapa biaya yang akan kita gunakan?tentu tak terhitung..benar gak?akan lebih baik kita buat fokus penelitian yaitu membuat batasan, misalnya hanya meneliti tentang kayu jatinya. dalam penelitian kualitatif lebih ditekankan pada fokus yang sempit tapi mendalam. artinya satu persoalan yang dikaji lebih baik daripada semua masalah di hutan dikaji tapi tidak mengarah.

fokus juga bisa di srtikan sebagai domian tunggal atau beberapa domain yang terkait dengan situasi sosial. menurt Sugiyono (2007:34) pembatasan masalah dan topik dalam penelitian kualitatif lebih didasarkan pada tingkat kepentingan, urgensi dan feasibility masalah yang akan dipecahkan, selain juga faktor keterbatasan tenaga, dana dan waktu. suatu masalah di katakan penting apabila masalah tersebut tidak dipecahkan melalui penelitian akan semakin menimbulkan masalah baru.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: